Senin, 09 Maret 2015

Siklus Karbon

Siklus Karbon
Karbon, bagi orang kimia dan yang pernah belajar kimia pasti mengenal apa itu karbon. Karbon (Ca) salah satu unsur  yang ada dalam  tabel periodik yang terdapat  pada golongan  IVA dengan nomor atom 6 dan nomor massa 12. Karbon ini juga sering disebut sebagai zat arang, karbon merupakan unsur yang berlimpah di kerah bumu dan alam semesta. Keberlimpahan karbon ini, bersamaan dengan keanekaragaman senyawa organik dan kemampuannya membentuk polimer membuat karbon sebagai unsur dasar kimiawi kehidupan. Unsur ini adalah unsur yang paling stabil di antara unsur-unsur yang lain, sehingga dijadikan patokan dalam mengukur satuan massa atom, jadi karbon merupakan tulang punggung dari semua kehidupan dibumi.
            Karena karbon merupakan tulang punggung dari semua kehidupan dibumi maka karbon memiliki siklus yaitu Siklus Karbon. Dalam siklus ini karbon sangat berpengaruh, karena Siklus Karbon (siklus biogeokimia)  dimana karbon dipertukarkan antara biosfer, geosfer, hidrosfer, dan atmosfer Bumi (objek astronomis lainnya bisa jadi memiliki siklus karbon yang hampir sama meskipun hingga kini belum diketahui).



 Gambar Siklus Karbon

            Dari gambar yang ada kita bisa ketahui dalam siklus karbon terdapat dua tahapan yang penting yaitu :

1.      Fotosintesis
Dalam proses fotosintesis yang kita ketahui bersama, tumbuhan-tumbuhan akan mengeluarkan energi yang dihasilkan dari pengambilan cahaya matahari dengan menggunakan mineral, karbon dioksida dan air. Karena itu fotosintesis sangat penting bagi kehidupan manusia, berikut persamaannya.  
6H2O + 6CO2 + cahaya → C6H12O6 (glukosa) + 6O2
2.      Respirasi
Dalam proses respirasi semua makhluk hidup dapat melakukannya. Tanaman mengubah karbohidrat kembali ke air dan karbon dioksida, melepaskan energi yang digunakan untuk membangun karbohidrat. Ini adalah energi yang tanaman menggunakan untuk hidup pada malam hari. Sedangkan manusia dan hewan memakan tanaman, karbohidrat diubah kembali menjadi air dan karbon dioksida, yang keduanya dihembuskan menghasilkanAdenin Trifosfat (ATP)
         Dalam proses siklus karbon, semua yang ada dibumi saling terkait satu sama lain. Matahari memancarkan sinarnya kemudian tumbuhan mengambilnya dan melakukan proses fotosintesis, kemudian dimakan oleh organism heterotraf, dan terjadi pembentukan fosil sehingga menyebabkan terjadinya proses respirasi dan kembali kealam.
            Karena itu, siklus karbon sangat dibutuhkan di dunia khususnya di bumi. Apabila salah satu dari rantainya terputus maka akan mengakibatkan terjadinya pemanasan global, rusaknya alam dibumi, timbulnya berbagai macam penyakit bagi makhluk hidup, dan terganggunya cuaca di bumi. Oleh karena itu kita diharuskan untuk memelihara bumi kita ini dengan cara “Go Green” yaitu dengan melakukan penanaman pohon untuk membuat proses siklus karbon tetap berjalan.









Refrensi

Ø Sridanti. Google. 2014. Tahapan Siklus Karbon. http://www.sridianti.com/tahapan-siklus-karbon.html. Diakses pada tanggal 28 Febuari 2015
Ø Irwanto. Google. 2014. Fotosintesis. http://www.irwantoshut.net/fotosintesis.html. Diakses pada tanggal 28 Febuary 2015
Ø Rendy. Blogspot. 2012. Pengertian dan Proses Fotosintesis. http://biologirendy.blogspot.com/2012/07/pengertian-dan-proses-fotosintesis_31.html. Diakses pada tanggal 01 Maret 2015

Ø Rendy Image. Blogspot. 2013. Siklus Karbon. http://rendyimage.blogspot.com/2013/09/siklus-karbon.html. Diakses pada tanggal 01 Maret 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar